ASRI-
Pertemuan 3 Bulanan Sahabat Hutan ASRI

#Cerita: Courtney Howard Berkunjung ke Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI)

Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) merupakan Lembaga Sosial yang menggabungkan pelestarian hutan dan kesehatan juga kesejahteraan manusia. Penerapan Kesehatan Planetari (Planetary Health) di Yayasan ASRI menjadi daya tarik banyak orang yang penasaran ingin mengenal lebih dekat dengan program-program ASRI. Mereka yang datang dan berkunjung ke Yayasan ASRI mulai dari instansi pemerintah, lembaga sosial, warga asing, jurnalis dan lain-lain.

Contohnya saja dr. Courtney yang bulan Maret lalu berkunjung ke Sukadana. Dia adalah seorang dokter gawat darurat yang telah menyaksikan dampak perubahan iklim terhadap kesehatan secara langsung melalui pekerjaannya di Artik Kanada. Oleh sebab itu dia sangat terkesan dengan seluruh program – program ASRI saat berkunjung dan melihat-lihat program Kesehatan Planetari di ASRI.

“Ini sangat menakjubkan datang ke hutan dan menemukan foto es. Kami tidak memiliki banyak foto orangutan di rumah sakit kami di Yellowknife,” tulis dr. Courtney di blog miliknya saat melihat dua poster es besar dipajang di depan perpustakaan dan ruang pertemuan.

Pengalaman lainnya yang dr. Courtney tuliskan dalam blog adalah ketika dia mengikuti monitoring Kambing untuk Janda, Chainsaw Buyback, ASRI Kids, dan lain-lain. Berikut salah satu tulisan cerita beliau yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sewaktu hadir di acara pertemuan Sahabat Hutan di Tanjung Gunung (Visit With Forest Guardians).

Pertemuan Sahabat Hutan ASRI
Pertemuan Sahabat Hutan ASRI. By dr. Courtney

Tak adanya perubahan laju tingkat penebangan hutan di sebagian besar hutan hujan Borneo yang mencapai lebih dari 70% dari hutan dataran rendah di dalam zona penyangga Taman Nasional Gunung Palung ini telah mengalami deforestasi antara tahun 1988 – 2002.

Selama survey rutin yang dilakukan ASRI/HIH, mereka menemukan terdapat 1,350 keluarga penebang disekitar Taman Nasional Gunung Palung di awal tahun 2007. Lalu Klinik ASRI dan program konservasi mulai berdiri tahun 2007, kemudian sejak saat itu jumlah keluarga penenbang mengalami penurunan dari 450 keluarga di tahun 2012 dan 150 di tahun 2017. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan 89%. Bagaimana ASRI/HIH dapat membantu masyarakat menurunkan aktivitas penebangan liar secara aktif?

Seperti yang Dr. Nomi jelaskan di video saya sebelumnya (tonton disini: Membayar Pelayanan Kesehatan Dengan Kotoran Sapi? / Paying for Healthcare With Manure?), Klinik ASRI memberikan diskon hingga 70% mulai dari perawatan kesehatan dan obat-obatan untuk masyarakat yang tinggal di dusun “hijau” sesuai dengan data dari program pemantauan deforestasi. Dusun “hijau” yang dimaksud adalah dusun yang tidak memiliki tujuh indikator aktivitas penebangan seperti, memiliki logger aktif di dusunnya, memiliki jalur penebangan yang dekat dusun dan memiliki circle di dusunnya.

Hal terpenting dalam suatu sistem itu adalah komunikasi secara langsung dengan masyarakat dan mengevaluasi kegiatan penebangan di daerah mereka. Kegiatan – kegiatan tersebut telah dilakukan oleh karyawan – karyawan ASRI yang mana setiap dusun terdapat satu orang perwakilan dengan jumlah sekitar 33 dusun. Mereka dikenal sebagai Sahabat Hutan. Mereka mengadakan pertemuan setiap tiga bulan sekali. “Kami sangat beruntung dapat duduk bersama mereka.”

Di awal pertemuan seluruh Sahabat Hutan memperkenalkan diri mereka. Saya sangat terkesan saat mengetahui bahwa diantara mereka ada yang telah berkerja sebagai Sahabat Hutan selama 5 hingga 8 tahun. Meskipun begitu secara relatif pekerjaan ini juga memiliki tuntutan dari sudut pandang sosial, yaitu membantu koordinator program untuk memberikan penilaian pelestarian hutan di dusun mereka untuk menentukan diskon biaya pengobatan di Klinik ASRI. Anda dapat bayangkan bagaimana tantangan mereka sebagai Sahabat Hutan saat mengetahui bahwa bisa saja tetangganya adalah seorang perambah hutan illegal. Sehingga mengakibatkan diskon biaya pengobatan seluruh masyarakat di dusunnya berkurang. Saya pikir ini merupakan cara yang menarik dengan menggunakan tekanan sosial, hubungan sosial dan pelayanan kesehatan untuk memberi penghargaan karena telah menjaga hutan dan meningkatkan kesehatan planetari.

Jika Sahabat Hutan menemukan bahwa ada seorang penebang di dusunnya, maka mereka tidak membawa penebang tersebut ke Polisi Hutan. Penerjemah saya, Zulkarnain mengatakan bahwa, “karena kami ingin menolong.” Sebaliknya Sahabat Hutan berbicara ke mereka tentang program UMKM Tukar Chainsaw di Yayasan ASRI yang mana ini dapat membantu para logger keluar dari pekerjaan merambah hutan dengan cara memberikan pinjaman modal usaha.

Setiap Sahabat Hutan memiliki target untuk menyemai dan menanam 1000 bibit di hutan setiap tahun – menggunakan jenis pohon lokal seperti garu dan durian. Target lainnya adalah mereka harus sosialisasi ke 360 orang setiap tahun tentang program ASRI, serta diskusi terkait program UMKM Tukar Chainsaw, penyemaian bibit dan pelayanan kesehatan.

Dalam pertemuan itu ASRI juga menyempatkan untuk menyampaikan beberapa informasi kesehatan yang saat itu disampaikan oleh perawat Efan tentang bahaya merokok. Ada sesuatu yang lucu saat saya melihat slide impoten ternyata di daerah pedesaan Kalimantan juga memperoleh reaksi besar, sama halnya seperti di Kanada.

Perawat Efan menyampaikan informasi kesehatan ke Sahabat Hutan ASRI
Perawat Efan menyampaikan informasi kesehatan ke Sahabat Hutan ASRI | by: dr. Courtney
Pertemuan 3 Bulanan Sahabat Hutan ASRI . Sahabat Hutan adalah perwakilan dari setiap dusun yang membantu ASRI menjaga dan mamantau hutan di sekitar kawan Taman Nasional Gunung Palung.
Sahabat Hutan ASRI | by: dr. Courtney

Admin ASRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *