ASRI-

Mengajarkan ASRI Kids & Teens Peduli Hutan Dan Orangutan Melalui Field Trip

ASRI Kids Menanam Pohon Bersama

“Peraturan field trip yang terakhir adalah bersenang-senang,” ucap Amat (staf pendidikan kesehatan planetari) di depan 29 anak ASRI Kids Enggang sebelum berangkat menuju lokasi field trip di lokasi reboisasi di Laman Satong.

ASRI Kids Enggang adalah kelompok anak-anak yang belajar setiap hari Kamis di ASRI. Mereka berasal dan tinggal di sekitar Sukadana. Topik pelajaran yang diajarkan kepada mereka seperti tentang lingkungan, pemanasan global dan hubungan antara lingkungan juga kesehatan.

Tak hanya sekedar bersenang-senang, mereka juga mendapatkan pelajaran dan pengalaman melalui field trip. Perjalanan pun dimulai sekitar pukul delapan pagi menggunakan bus milik Dinas Perhubungan Kayong Utara. Sesampai di lokasi, ASRI Kids diajak tur di sekitar tempat pesemaian bibit oleh Ihsan selaku koordinator reboisasi. Lalu dia juga menjelaskan beberapa informasi seperti tentang bibit, reboisasi dan pohon.

Kegiatan selanjutnya adalah penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Antusias anak-anak yang ingin menanam terlihat dari semangat mereka yang berlomba-lomba memilih bibit. Sebagai penutup field trip, ASRI Kids diajak makan siang di halaman Goa Maria yang hijau dan sejuk.

Kegiatan ASRI Kids menanam pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Palung
Kegiatan ASRI Kids menanam pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Palung
ASRI Kids field trip

ASRI Teens Berkunjung ke Klinik Orangutan

Sepuluh orang anak remaja yang tergabung dalam ASRI Teens Bekantan bersemangat melakukan field trip di akhir kelas mereka. Mereka diajak mengunjungi International Animal Rescue (IAR) dan Hutan Kota Ketapang.

Melalui kegiatan field trip tersebut ASRI Teens jadi lebih mengenal Orangutan dan melihat langsung Klinik Orangutan di IAR Ketapang. Lalu mereka juga belajar tentang pertanian organik yang telah diterapkan oleh IAR. Selanjutnya, mereka menjelajahi Hutan Kota “Teluk Akar Bergantung” Ketapang yang luasnya 106 hektar. Menariknya, seekor kelempiau besar bernama Mona menyambut kedatangan ASRI Teens dengan suaranya yang khas, “huuu, huuu, hu.”

“Sebelumnya saya cuma tau Orangutan hanya satwa yang dilindungi. Tapi setelah kunjungan ke IAR tadi, saya jadi tau kenapa Orangutan dilindungi, yaitu karena mereka termasuk spesies payung. Orangutan menjadi agen penyebar biji-bijian dan buah-buahan,” kesan Sartika saat istirahat di pondok Hutan Kota.

Kunjungan ke International Animal Rescue (IAR) Ketapang
ASRI Teens foto bersama di depan gerbang IAR
ASRI Teens belajar membuat pupuk organik dari IAR
ASRI Teens belajar membuat pupuk organik dari IAR
ASRI Teens sedang menyimak materi dari tim IAR di learning center IAR
ASRI Teens sedang menyimak materi dari tim IAR di learning center IAR

Tulisan oleh: Oka Nurlaila (Staff Marketing Komunikasi ASRI)

Admin ASRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *