ASRI-
Mobil Klinik Keliling Amblas

Mobil Klinik Keliling ASRI Ambles

Pasca keberangkatan Klinik Keliling, cuaca di Sukadana sering diguyur hujan. Sehingga medan jalan yang dilalui menuju lokasi semakin berat. Sepanjang perjalanan menuju Pangkalan Jihing dan Matan Jaya, akses jalan yang dilalui kebanyakan ialah jalan sawit dan jalan bauksit. Tanah merah yang basah, lumpur tinggi dan genangan air sering ditemui. Bahkan juga terdapat pohon yang tumbang dan melintang di tengah jalan. Sehingga membuat kendaraan sulit melaju dan harus ekstra hati-hati.

Mobil Strada melewati pohon yang tumbang dan melintang di tengah jalan
Perjalanan pergi Klinik Keliling menuju Pangkalan Jihing.

Syukurlah perjalanan pergi berjalan lancar. Namun sewaktu perjalanan pulang hari kamis (15/03/2018) sekitar pukul 15.30 WIB mobil strada yang kami gunakan ambles di lumpur di desa Rembayan. Kondisi jalan yang rusak parah ditambah lagi kondisi mobil yang sudah tua, akhirnya mobil kami terjebak dan tak bisa bergerak.

Hari semakin sore, kami pun mencoba menghubungi teman-teman ASRI di Sukadana. Akhirnya dua staf lainnya, Samsul dan Pak Usuf, datang membantu dan menjemput kami menggunakan mobil mpv. Sayangnya mobil mpv yang mereka gunakan pun ternyata tak dapat melewati medan jalan tersebut.

Sesekali kepulan asap hitam dari knalpot mobil strada keluar sewaktu Pak Faisal menggas atau memundurkan mobil. Kayu balok, batu dan semak juga telah dicoba ditumpuk agar ban mobil yang tenggelam di dalam lumpur bisa keluar. Namun mobil masih saja tetap tidak bergerak. Bahkan berkali-kali dicoba dikatrol pun tak berhasil ‘membebaskan’ mobil strada. Maka kami memilih untuk mengevakuasi mobil strada keesokan harinya bersama staf ASRI lainnya menggunakan mobil 4-WD ambulans.

Staf ASRI berfoto bersama sebulum ke lokasi tempat mobil amblas
Staf ASRI berfoto bersama sebelum ke lokasi tempat mobil strada amblas.

Untuk mengevakuasi mobil strada yang ambles, ASRI mengerahkan sepuluh orang staf laki-laki mulai dari staf umum hingga konservasi. Perlengkapan lainnya yang sekira dapat membantu proses evakuasi pun tak lupa dibawa, seperti cangkul dan tali tambang.

Selepas morning meeting, mereka berangkat menggunakan mobil mpv dan mobil ambulans. Setiba disana ternyata ada pula mobil strada lainnya yang amblas dan terjebak di lumpur tersebut.

Singkat cerita mobil strada ASRI dan mobil lainnya dapat dievakuasi dengan mobil ambulans 4-WD. Tim ASRI tiba bersama mobil strada di Sukadana sekitar pukul satu siang. Kondisi mobil strada saat itu tak hanya kotor dan penuh dengan lumpur, tapi juga rusak dan harus segera diperbaiki (lagi).

Mobil strada yang sudah 10 tahun menemani dan membantu kerja program ASRI ini memang tak lagi memiliki performa seperti dulu. Setiap bulannya harus bolak-balik masuk bengkel untuk perbaikan yang memakan biaya cukup besar. Jika mobil strada ini rusak dan tak bisa beroperasi lagi, betapa banyak program ASRI yang dapat tertunda dan masyarakat yang dikecewakan, seperti kegiatan pengambilan bibit, belanja umkm, klinik keliling, monitoring DOTs dan masih banyak lagi.

Kondisi jalan yang mobil strada lalui untuk program Klinik Keliling
Kondisi jalan yang mobil strada lalui untuk program Klinik Keliling
Mobil strada ASRI dan mobil lainnya terjebak dan amblas
Mobil strada ASRI dan mobil lainnya terjebak dan amblas
Kondisi mobil Strada ASRI saat tiba di Klinik ASRI
Kondisi mobil Strada ASRI saat tiba di Klinik ASRI.

Maukah anda membantu kami ‘keluar’ dari lumpur? Mari donasi Mobil 4-WD baru untuk ASRI.

Donasi anda akan membantu masyarakat-masyarakat di daerah terpencil sekitar Taman Nasional Gunung Palung untuk mendapatakan pelayanan kesehatan melalui Klinik Keliling. Lalu menjalankan program Reboisasi melalui bibit-bibit pasien yang diambil. Serta membantu usaha para mantan logger yang telah beralih profesi dan masih banyak lagi.

Donasi tersebut dapat anda salurkan melalui akun bank resmi ASRI:

Bank BCA (Bank Central Asia)

Cabang: KCP Ketapang

Nomor Rekening: 895-5075-737

Atas Nama: Yayasan Alam Sehat Lestari

Alamat Bank: Jl. MT Haryono No.68 Kab. Ketapang, Kalimantan Barat

Tim ASRI berhasil mengevakuasi mobil strada yang amblas
Tim ASRI foto bersama mobil ambulans dan mobil strada yang berhasil ‘diselamatkan’.

Admin ASRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *