LOWONGAN KERJA

    

 Analis Kesehatan   

    

 

 

Perjalanan ASRI Kids dan ASRI Teens ke Lubuk Baji

 

Sabtu, 12 September 2015 team ASRI Kids dan ASRI Teens melakukan perjalanan dua hari satu malam di Lubuk Baji, Taman Nasional Gunung Palung. Kegiatan edukasi yang dikoordinir oleh Mbak Etty ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang manfaat hutan dan sebagai salah satu cara menumbuhkan rasa peduli mereka terhadap kelestarian hutan. Kami telah merangkum segala kegiatan ASRI Kids di Lubuk Baji dalam dokumentasi menarik di bawah ini. 🙂

Foto oleh Indah Prihatin.

Picture1

Picture2

Picture3

Picture4

Picture5

Picture7

Picture6

 

Picture8

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak ASRI

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak merupakan salah satu agenda rutin dalam pBeFunky_IMG_0534.jpgrogram Pertanian Organik dan program Kambing Untuk Janda dari team konservasi ASRI. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini ASRI kembali mendapatkan bantuan pemeriksaan kesehatan ternak langsung dari dokter hewan yaitu Jeff Wyatt dan Andrew Winterborn. Pemeriksaan kesehatan dilakukan pada sekitar 250 lebih kambing ASRI dalam program Kambing Untuk Janda dan sekitar 50 lebih sapi yang dimiliki oleh kelompok tani binaan ASRI dalam program Pertanian Organik. Selain kegiatan pemeriksaan masal satu tahun sekali, pemeriksaan kesehatan hewan ternak juga dilakukan rutin oleh staf konservasi ASRI, yaitu Bu Setyawati dan Muhammad Yusuf, setiap melakukan monitoring hewan ternak di lapangan. Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan kondisi body score, anemic score, dan pemeriksaan fisik hewan lainnya yang dilanjutkan dengan pemberian pengobatan medis pada hewan yang mengalami masalah kesehatan. Kegiatan selama satu minggu ini berlangsung seru dan bermanfaat dengan bantuan dari seluruh masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Palung, staf ASRI, dan para relawan ASRI.

Hewan ternak sehat, lingkungan pun juga sehat! 🙂

Photo by. Indah Prihatin

Penandatangan MoU antara Yayasan ASRI dengan pihak Balai Taman Nasional Gunung Palung

BeFunky_CIMG1702.jpgMoment penandatangan MoU antara Yayasan ASRI dengan pihak Balai Taman Nasional Gunung Palung pada tanggal 19 Desember 2014 kemarin merupakan salah satu dari sekian berita baik ASRI di akhir tahun 2014. Penandatangan MoU ini diwakili oleh drg. Monica R. Nirmala selaku Direktur Eksekutif ASRI dan Bp. Dadang Wardhana selaku Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung. Kegiatan penandatangan MoU yang diselenggarakan di Ketapang tersebut bertujuan untuk mewujudkan kemitraan kedua belah pihak dalam meningkatkan upaya perlindungan dan rehabilitasi kawasan Taman Nasional Gunung Palung, pemberdayaan masyarakat sekitar, serta pendidikan konservasi alam dan kesehatan.

ASRI menyadari bahwa dalam mewujudkan tujuan ASRI untuk melindungi kelestarian ekosistem hutan Taman Nasional Gunung Palung dan kesehatan masyarakat di sekitarnya tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya kesinergisan dan kerjasama dengan berbagai pihak pemerintah yang berwenang. Sehingga dengan adanya penandatangan MoU ini diharapkan mampu lebih memaksimalkan keberjalanan program-program ASRI yang telah atau akan berjalan di masyarakat. Tetap semangat memberikan yang terbaik untuk lingkungan dan kesehatan masyarakat! 🙂

Disney Worldwide Conservation Hero

ASRIkids49

Congratulations to our Community Outreach and Conservation Education Manager, Etty Rahmawati, who has been named one of the 2014 Disney Worldwide Conservation Heroes!! so proud of you. 🙂

Check the news here https://thewaltdisneycompany.com/blog/disney-worldwide-conservation-fund-names-2014-conservation-heroes

Kegiatan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan ASRI di Hulu

ASRI membantu masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Palung agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian alam dengan memberikan solusi alternatif melalui kegiatan Pertanian Berkelanjutan. Salah satu rangkaian kegiatan pertanian berkelanjutan adalah dengan memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat tentang teknis pertanian yang tepat.

Pada tanggal 1 – 5 September 2014, team konservasi ASRI yang terdiri dari Pak Miftah dan Muhammad Yusuf melakukan kegiatan pelatihan kebun keluarga untuk para ibu rumah tangga, pemetaan partisipatif untuk konservasi alam, dan pendampingan kelompok tani masyarakat di desa Pangkalan Jihing dan Sampurna. Selain kegiatan tersebut, team konservasi ASRI juga melakukan musyawarah kesepakatan konservasi alam bersama penduduk desa Sampurna.

Kabar baik diperoleh dari salah satu kelompok tani binaan ASRI yaitu kelompok tani Sinar Harapan di desa Sampurna yang berhasil membudidayakan sayuran organik segar hingga menjadi salah satu pensuplai sayuran terbaik bagi masyarakat desa Sampurna. Kegiatan perkebunan organik pun sangat membantu perekonomian para petani hingga mampu mengumpulkan kas tetap sekitar satu juta rupiah setiap bulannya. Kualitas kacang panjang organik yang dihasilkan pun diyakini salah satu warga desa Sampurna dalam membantu peningkatan kesehatannya dari penyakit asam urat dibandingkan saat mengkonsumsi kacang panjang non-organik. Makanan sehat untuk hidup yang lebih sehat.

Kelompok tani Sinar Harapan saat ini ditetapkan ASRI sebagai salah satu pioneer pertanian berkelanjutan untuk pembentukan kelompok-kelompok tani lainnya di desa Sampurna. Pada tanggal 9 Oktober nanti akan dilakukan kegiatan presentasi oleh kelompok tani Sinar Harapan kepada kelompok-kelompok tani baru binaan ASRI. Dengan adanya peningkatan kualitas hidup petani melalui pertanian berkelanjutan diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif mata pencaharian terbaik untuk masyarakat sehingga mampu menurunkan tindakan penebangan hutan di Taman Nasional Gunung Palung. Semangat team konservasi ASRI dan kelompok tani binaan ASRI!!

P1050395 P1050356 P1050365 IMG_20140916_161847 IMG_20140916_161855

ASRI Clinic Alternative Payment

Plant seeds, traditional pandanus mats, bamboo baskets, animal dung, bran, chaff, egg shells, and smooth charcoal area alternative ways to pay for care at the ASRI clinic which the ASRI conservation team then uses in their reforestation activities.

To date ASRI patients have given thousands of seeds, hundreds of mats and baskets, and many kilograms of manure to the ASRI clinic. This payment method is an indirect way to engage the public to partner with ASRI in rescuing and preserving the Gunung Palung National Park, one of the world’s top biodiversity preserves.

C360_2014-06-11-11-33-53-596 C360_2014-08-13-10-57-30-721 C360_2014-06-03-10-36-06-645