Lowongan GIS

TERMS OF REFERENCE
TEKNISI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (GIS)

LATAR BELAKANG

Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) bergerak dalam bidang kesehatan manusia dan pelestarian lingkungan. Berdiri sejak tahun 2007, ASRI berlokasi di provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Tujuan kegiatan ASRI adalah untuk menjaga kelestarian hutan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) sekaligus meningkatkan kesehatan 60.000 penduduk di sekitarnya. Di bidang kesehatan, ASRI memiliki sebuah klinik yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat, serta memberikan diskon pelayanan kesehatan sebagai insentif atas upaya masyarakat melindungi hutan TNGP. Di bidang konservasi, ASRI juga aktif dalam mengembangkan program-program, antara lain: reboisasi, pertanian berkelanjutan, pendidikan lingkungan, dan monitoring illegal logging. Kedua bidang di atas saling berkaitan dan berjalan bersama-sama dalam mencapai tujuan ASRI.

Yayasan ASRI memerlukan orang yang memiliki keahlian dalam bidang Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk membantu pengelolaan akurasi informasi data lapangan yang menjadi data dasar pengembangan program kesehatan dan konservasi. Teknisi GIS nantinya diharapkan mampu bekerja dalam hal:

  • Pengumpulan dan pengecekan data kegiatan illegal logging yang dikumpulkan dari “ground truthing” di lapangan untuk memastikan kebenaran data yang menjadi dasar besaran diskon dusun-dusun yang bekerja sama dengan ASRI.
  • Bimbingan staf-staf ASRI yang berpotensi untuk memanfaatkan penggunaan SIG dalam kegiatan kerja sehari-hari.
  • Pembuatan peta yang menunjukkan informasi dan dampak program ASRI.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

1. Sistem Pengelolaan Data (20%)

  • Mengumpulkan dan menginventaris data spasial yang ada di anggota tim konservasi
  • Melakukan pengadaan data spasial yang dibutuhkan dari lembaga terkait
  • Membangun Geodatabase dan sistem penyimpanan data yang sederhana, lengkap, dan dapat diterapkan staf di tim konservasi
  • Koordinasi dan kerjasama dengan tenaga GIS di lembaga lain-lain di sekitar Gunung Palung

2. Survei Lapangan (20%)

  • Mengikutserta dalam survei lokasi reboisasi dan penghijauan dengan tujuan penetapan batas dan
    pengukuran luasan lokasi.
  • Bekerjasama dengan tim konservasi dalam mengumpulkan data spasial di lapangan yang terkait dengan kebutuhan program pertanian berkelanjutan dan program kesehatan dari klinik.
  • Membantu bagian monitoring illegal logging dalam melakukan verifikasi kondisi di lapangan (ground-truthing)

3. Cartography / Pembuatan Peta (40%)

  • Membuat peta dusun berdasarkan data yang bisa didapat dari pihak pemerintah dan titik GPS yang telah diambil staf ASRI; turun ke lapangan bersama staf konservasi sesuai kebutuhan.
  • Membuat peta yang terkait dengan kebutuhan program kesehatan dan konservasi (reboisasi, pertanian berjelanjutan, penyebaran penyakit, dll.) untuk digunakan dalam bahan presentasi, laporan, media dan analisa dampak program ASRI.
  • Membantu bagian monitoring dalam persiapan peta yang menunjukkan aktivitas perambahan hutan kalam kawasan Taman Nasional
  • Menganalisa perubahan penutupan hutan dalam kawasan TNGP berdasarkan klasifikasi jenishutan dari citra satelit SPOT dari tahun 2002, 2007 dan 2015. Menulis laporan mengenai hasil analisa; mendokumentasikan metode secara tertib.

4. Pemberdayaan Staf (20%)

  • Melatih tiga staf ASRI dalam penggunaan QGIS dengan tujuan mereka mampu untuk menguasai QGIS dan mampu untuk membuat beberapa peta sendiri. Diharapkan bahwa staf tersebut dilibatkan dalam pembuatan peta yang disebutkan di atas.
  • Membangun kompetensi koordinator monitoring illegal logging dalam interpretasi citra satelit
    sebagai strategi untuk cross-check data di lapangan.

KUALIFIKASI

  • Minimal S-1 dalam jurusan kehutanan, geografis, IT atau jurusan terkait
  • Minimal 2 tahun pengalaman kerja dalam bidang SIG dan penginderaan jauh
  • Pengalaman dalam teknik survey lapangan dan pemetaaan partisipatif
  • Penguasaan dalam program QGIS atau bersedia untuk belajar QGIS; kami di Yayasan ASRI tidak memakai ArcGIS. Kami mendukung konsep open-source software yang menyediakan program SIG yang lebih terjangkau bagi orang yang ingin belajar.
  • Terbuka untuk bekerjasama dengan orang dari budaya yang berbeda di daerah terpencil
  • Tidak merokok

MASA IKATAN KERJA

Masa ikatan kerja untuk posisi ini adalah selama 6-12 bulan, dengan kemungkinan perpanjangan kontrak sesuai ketersediaan dana dan kebutuhan lembaga. Diharapkan calon karyawan siap bekerja pada bulan Oktober 2016.

BENEFIT YANG DIPEROLEH

  1. Biaya perjalanan PP ke Sukadana, Kalimantan Barat, saat awal datang bekerja dan terakhir ketika selesai bekerja.
  2. Akomodasi selama 6-12 bulan, termasuk makan siang setiap hari kerja.
  3. Tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.
  4. Disediakan alat tranportasi penunjang pekerjaan.
  5. Diskon pengobatan di Klinik ASRI bagi karyawan dan keluarga inti.

PROSES PERMOHONAN
Lamaran dapat dikirimkan dengan melengkapi syarat-syarat di bawah ini:

  1. Surat Motivasi yang merincikan pengalaman dan pendidikan mengenai SIG maupun angka gaji yang diharapkan
  2. Daftar Riwayat Hidup / CV
  3. Transkrip Nilai pendidikan terakhir

Lamaran dikirimkan kepada:

  • Manajer Program Konservasi: erica@alamsehatlestari.org
  • Manajer SDM: wilfirmus@alamsehatlestari.org

Paling lambat sebelum 15 September 2016

Yayasan ASRI berhak untuk memulai proses wawancara sebelum jatuh tempo lowongan kerja jika sudah ada pelamar yang memenuhi kriteria.

Lowongan Dokter Umum

DIBUTUHKAN DOKTER UMUM (3 orang)
Pendaftaran Ditutup: 31 Agustus 2016

photo by Kari MalenYayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) adalah lembaga sosial non-profit yang memiliki pendekatan unik dan inovatif dalam upaya pelestarian hutan dan peningkatan kesehatan masyarakat. ASRI percaya bahwa kesehatan manusia dan lingkungan di sekitarnya sangat berkaitan erat dan tidak terpisahkan. Berlokasi di batas hutan hujan Taman Nasional Gunung Palung yang terkenal dengan keindahan alam dan sangat kaya akan keanekaragaman hayatinya, ASRI membangun sebuah klinik kesehatan sebagai penghargaan atas upaya masyarakat melestarikan hutan di sekitarnya. Kini masyarakat tidak perlu menebang pohon demi membayar biaya pelayanan kesehatan, karena di Klinik ASRI pasien dapat membayar dengan non-tunai dan mencicil, serta mendapat diskon biaya pengobatan bagi dusun yang berkomitmen melestarikan hutan.

Kini ASRI mencari individu-individu yang siap bergabung bersama lebih dari 100 orang anggota tim ASRI dalam mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat dan hutan yang lestari. Kandidat yang ideal bagi ASRI adalah Anda yang memiliki kualitas-kualitas seperti di bawah ini:

  • Siap belajar dan bekerja di dalam tim
  • Siap mengembangkan diri dan segala potensi yang Anda miliki
  • Penuh semangat, berdedikasi tinggi, dan totalitas dalam bekerja
  • Memiliki jiwa sosial dan rasa empati yang tinggi, serta ingin membawa perubahan bagi masyarakat dan dunia
  • Fleksibel dan siap beradaptasi di lingkungan baru

Di lingkungan ASRI dengan suasana kerja yang penuh kekeluargaan, Anda akan bekerja sama dan saling belajar dari banyak orang dengan beragam latar belakang. Mulai dari mengobati pasien, bekerja dengan masyarakat lokal, hingga saling bertukar ilmu dan bahu membahu dengan para relawan dari dalam dan luar negeri (Amerika, Eropa, dll). Kerja sama antara ASRI dengan Yale Medical School juga memberikan kesempatan belajar selama 4 bulan di Amerika bagi dokter ASRI yang berkomitmen tinggi. Pengabdian Anda selama minimal 1 tahun di ASRI dapat dihitung sebagai PTT Cara Lain oleh Dinkes Kab. Kayong Utara.

Selain di bidang klinis, Anda juga dapat terlibat dalam program pengembangan masyarakat dan pelestarian hutan, khususnya di dalam program-program konservasi ASRI. Berlokasi di kota kecil Sukadana, Kab. Kayong Utara, Kalbar, Anda juga dapat menikmati suasana yang tenang, aman, dan alam yang indah. Mulai dari hutan, gunung, sungai, hingga pantai. Tinggal bersama teman-teman ASRI dan para relawan akan memberikan Anda keluarga baru di Sukadana.

Kualifikasi yang kami cari:

  1. Lulusan pendidikan S1 dan profesi (Kedokteran Umum)
  2. Berbahasa Inggris aktif
  3. Diutamakan Laki-laki
  4. Usia maksimal 30 tahun
  5. Memiliki STR yang valid dan aktif
  6. Bersedia tidak membuka praktik di luar Klinik ASRI
  7. Tidak merokok

Berkas yang disertakan bersama surat lamaran:

  1. CV
  2. Surat motivasi
  3. Salinan ijazah S1 dan Profesi
  4. Salinan STR yang masih aktif
  5. Salinan Transkrip nilai

Lamaran dapat dikirimkan ke alamat:
Yayasan Alam Sehat Lestari
Jl. Sungai Mengkuang, Desa Pangkalan Buton, Sukadana.
Kabupaten Kayong Utara 78852.
Atau melalui e-mail ke:
wilfirmus@alamsehatlestari.org
nurmilia@alamsehatlestari.org

Mari Bergabung Bersama ASRI !!!

Testimoni tentang bekerja di ASRI:

Life-changing experience. Saya tidak hanya belajar ilmu kedokteran bertaraf internasional, namun juga saya belajar menjadi dokter yang peduli. Nilai yang ASRI junjung tinggi yaitu kesetaraan dan kekeluargaan benar-benar dipraktekkan. Ilmu hidup seperti itu sulit saya temukan di tempat lain.dr. Vina Christiana (FK Maranatha, 2004)

Menjadi dokter gigi di ASRI mengajarkan saya untuk menjadi kreatif, memberikan pelayanan terbaik walaupun dengan fasilitas yang terbatas. Tidak hanya mengobati pasien, tetapi saya juga berkontribusi terhadap pelestarian alam melalui profesi saya. drg. Marisa Thimang (FKG UI, 2006)

Dokter alumni ASRI = dokter bertaraf internasional.dr. Kinari Webb (Pendiri ASRI, alumni Yale Medical School)

Belajar menjadi dokter yang baik. Tidak hanya menangani pasien berdasarkan gejalanya, tetapi berusaha mencari penyebab dari penyakitnya, hingga memberikan pilihan terapi terbaik sekalipun dengan sumber daya terbatas. Bisa mendiskusikan pasien dengan rekan sejawat dari dalam dan luar negeri. You never walk alone.dr. Nurmilia Afriliani (FK Unsyiah, 2003)

Tidak hanya bekerja dengan rekan kerja, tetapi dengan orang-orang yang saya anggap dan menjadikan saya bagian dari keluarga. Saya diberikan kebebasan mengeksplor diri saya lebih dari kapasitas yang saya miliki, sehingga banyak perkembangan diri saya selama bekerja di ASRI. Kesempatan memberikan pelayanan medis secara optimal dan dekat karena berinteraksi langsung dengan pasien tidak hanya meningkatkan kemampuan medis saya, tetapi juga membuat saya semakin mencintai pekerjaan saya yang memberikan manfaat lebih kepada orang lain.Indah Prihatin, S.Farm, Apt (Farmasi ITB, 2008)

 

Lowongan Kerja ASRI

LOWONGAN KERJA

DOKTER UMUM (3 orang), DOKTER GIGI (1 orang), APOTEKER (1 orang)

Pendaftaran ditutup: 30 Mei 2016

Yayasan Alam Se_MG_3503shat Lestari (ASRI) adalah lembaga sosial non-profit yang memiliki pendekatan unik dan inovatif dalam upaya pelestarian hutan dan peningkatan kesehatan masyarakat. ASRI percaya bahwa kesehatan manusia dan lingkungan di sekitarnya sangat berkaitan erat dan tidak terpisahkan. Berlokasi di batas hutan hujan Taman Nasional Gunung Palung yang terkenal dengan keindahan alam dan sangat kaya akan keanekaragaman hayatinya, ASRI membangun sebuah klinik kesehatan sebagai penghargaan atas upaya masyarakat melestarikan hutan di sekitarnya. Kini masyarakat tidak perlu menebang pohon demi membayar biaya pelayanan kesehatan, karena di Klinik ASRI pasien dapat membayar dengan non-tunai dan mencicil, serta mendapat diskon biaya pengobatan bagi dusun yang berkomitmen melestarikan hutan.

Kini ASRI mencari individu-individu yang siap bergabung bersama lebih dari 100 orang anggota tim ASRI dalam mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat dan hutan yang lestari. Kandidat yang ideal bagi ASRI adalah Anda yang memiliki kualitas-kualitas seperti di bawah ini:

  • Siap belajar dan bekerja di dalam tim

  • Siap mengembangkan diri dan segala potensi yang Anda miliki

  • Penuh semangat, berdedikasi tinggi, dan totalitas dalam bekerja

  • Memiliki jiwa sosial dan rasa empati yang tinggi, serta ingin membawa perubahan bagi masyarakat dan dunia

  • Fleksibel dan siap beradaptasi di lingkungan baru

Di lingkungan ASRI dengan suasana kerja yang penuh kekeluargaan, Anda akan bekerja sama dan saling belajar dari banyak orang dengan beragam latar belakang. Mulai dari mengobati pasien, bekerja dengan masyarakat lokal, hingga saling bertukar ilmu dan bahu membahu dengan para relawan dari dalam dan luar negeri (Amerika, Eropa, dll). Kerja sama antara ASRI dengan Yale dan Stanford Medical School juga memberikan kesempatan belajar selama 4 bulan di Amerika bagi dokter ASRI yang berkomitmen tinggi. Pengabdian Anda selama minimal 1 tahun di ASRI dapat dihitung sebagai PTT Cara Lain oleh Dinkes Kab. Kayong Utara.

Selain di bidang klinis, Anda juga dapat terlibat dalam program pengembangan masyarakat dan pelestarian hutan, khususnya di dalam program-program konservasi ASRI. Berlokasi di kota kecil Sukadana, Kab. Kayong Utara, Kalbar, Anda juga dapat menikmati suasana yang tenang, aman, dan alam yang indah. Mulai dari hutan, gunung, sungai, hingga pantai. Tinggal bersama teman-teman ASRI dan para relawan akan memberikan Anda keluarga baru di Sukadana.

Kualifikasi yang kami cari:

  1. Lulusan pendidikan S1 dan profesi (Kedokteran Umum/Kedokteran Gigi/Apoteker)

  2. Berbahasa Inggris aktif (terutama bagi dokter umum)

  3. Usia maksimal 30 tahun

  4. Memiliki STR / STRA yang valid dan aktif

  5. Bersedia tidak membuka praktik di luar Klinik ASRI

  6. Tidak merokok

Berkas yang disertakan bersama surat lamaran:

  1. CV

  2. Surat motivasi

  3. Salinan ijazah S1 dan Profesi

  4. Salinan STR/STRA yang masih aktif

  5. Salinan Transkripnilai

Lamaran dikirimkan ke:

Yayasan Alam Sehat Lestari

Jl. Sungai Mengkuang, Desa Pangkalan Buton, Sukadana. Kabupaten Kayong Utara 78852.

Atau melalui e-mail ke:

wilfirmus@alamsehatlestari.org

nurmilia@alamsehatlestari.org

Mari bergabung bersama ASRI!

Testimoni tentang bekerja di ASRI:

Life-changing experience. Saya tidak hanya belajar ilmu kedokteran bertaraf internasional, namun juga saya belajar menjadi dokter yang peduli. Nilai yang ASRI junjung tinggi yaitu kesetaraan dan kekeluargaan benar-benar dipraktekkan. Ilmu hidup seperti itu sulit saya temukan di tempat lain.” dr. Vina Christiana (FK Maranatha, 2004)

Menjadi dokter gigi di ASRI mengajarkan saya untuk menjadi kreatif, memberikan pelayanan terbaik walaupun dengan fasilitas yang terbatas. Tidak hanya mengobati pasien, tetapi saya juga berkontribusi terhadap pelestarian alam melalui profesi saya.”drg. Marisa Thimang (FKG UI, 2006)

Dokter alumni ASRI = dokter bertaraf internasional.” dr. Kinari Webb (Pendiri ASRI, alumni Yale Medical School)

Belajar menjadi dokter yang baik. Tidak hanya menangani pasien berdasarkan gejalanya, tetapi berusaha mencari penyebab dari penyakitnya, hingga memberikan pilihan terapi terbaik sekalipun dengan sumber daya terbatas. Bisa mendiskusikan pasien dengan rekan sejawat dari dalam dan luar negeri. You never walk alone.” dr. Nurmilia Afriliani (FK Unsyiah, 2003)

Tidak hanya bekerja dengan rekan kerja, tetapi dengan orang-orang yang saya anggap dan menjadikan saya bagian dari keluarga. Saya diberikan kebebasan mengeksplor diri saya lebih dari kapasitas yang saya miliki, sehingga banyak perkembangan diri saya selama bekerja di ASRI. Kesempatan memberikan pelayanan medis secara optimal dan dekat karena berinteraksi langsung dengan pasien tidak hanya meningkatkan kemampuan medis saya, tetapi juga membuat saya semakin mencintai pekerjaan saya yang memberikan manfaat lebih kepada orang lain.”Indah Prihatin, S.Farm, Apt (Farmasi ITB, 2008)

Perjalanan ASRI Kids dan ASRI Teens ke Lubuk Baji

 

Sabtu, 12 September 2015 team ASRI Kids dan ASRI Teens melakukan perjalanan dua hari satu malam di Lubuk Baji, Taman Nasional Gunung Palung. Kegiatan edukasi yang dikoordinir oleh Mbak Etty ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang manfaat hutan dan sebagai salah satu cara menumbuhkan rasa peduli mereka terhadap kelestarian hutan. Kami telah merangkum segala kegiatan ASRI Kids di Lubuk Baji dalam dokumentasi menarik di bawah ini. 🙂

Foto oleh Indah Prihatin.

Picture1

Picture2

Picture3

Picture4

Picture5

Picture7

Picture6

 

Picture8

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak ASRI

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak merupakan salah satu agenda rutin dalam pBeFunky_IMG_0534.jpgrogram Pertanian Organik dan program Kambing Untuk Janda dari team konservasi ASRI. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini ASRI kembali mendapatkan bantuan pemeriksaan kesehatan ternak langsung dari dokter hewan yaitu Jeff Wyatt dan Andrew Winterborn. Pemeriksaan kesehatan dilakukan pada sekitar 250 lebih kambing ASRI dalam program Kambing Untuk Janda dan sekitar 50 lebih sapi yang dimiliki oleh kelompok tani binaan ASRI dalam program Pertanian Organik. Selain kegiatan pemeriksaan masal satu tahun sekali, pemeriksaan kesehatan hewan ternak juga dilakukan rutin oleh staf konservasi ASRI, yaitu Bu Setyawati dan Muhammad Yusuf, setiap melakukan monitoring hewan ternak di lapangan. Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan kondisi body score, anemic score, dan pemeriksaan fisik hewan lainnya yang dilanjutkan dengan pemberian pengobatan medis pada hewan yang mengalami masalah kesehatan. Kegiatan selama satu minggu ini berlangsung seru dan bermanfaat dengan bantuan dari seluruh masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Palung, staf ASRI, dan para relawan ASRI.

Hewan ternak sehat, lingkungan pun juga sehat! 🙂

Photo by. Indah Prihatin

Penandatangan MoU antara Yayasan ASRI dengan pihak Balai Taman Nasional Gunung Palung

BeFunky_CIMG1702.jpgMoment penandatangan MoU antara Yayasan ASRI dengan pihak Balai Taman Nasional Gunung Palung pada tanggal 19 Desember 2014 kemarin merupakan salah satu dari sekian berita baik ASRI di akhir tahun 2014. Penandatangan MoU ini diwakili oleh drg. Monica R. Nirmala selaku Direktur Eksekutif ASRI dan Bp. Dadang Wardhana selaku Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung. Kegiatan penandatangan MoU yang diselenggarakan di Ketapang tersebut bertujuan untuk mewujudkan kemitraan kedua belah pihak dalam meningkatkan upaya perlindungan dan rehabilitasi kawasan Taman Nasional Gunung Palung, pemberdayaan masyarakat sekitar, serta pendidikan konservasi alam dan kesehatan.

ASRI menyadari bahwa dalam mewujudkan tujuan ASRI untuk melindungi kelestarian ekosistem hutan Taman Nasional Gunung Palung dan kesehatan masyarakat di sekitarnya tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya kesinergisan dan kerjasama dengan berbagai pihak pemerintah yang berwenang. Sehingga dengan adanya penandatangan MoU ini diharapkan mampu lebih memaksimalkan keberjalanan program-program ASRI yang telah atau akan berjalan di masyarakat. Tetap semangat memberikan yang terbaik untuk lingkungan dan kesehatan masyarakat! 🙂

LOWONGAN KERJA: MANAJER KONSTRUKSI

LOWONGAN KERJA: MANAJER KONSTRUKSI

Dibutuhkan segera di bulan Januari 2015 untuk kontrak 1 tahun ke depan.
Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) merupakan organisasi non-profit yang menggabungkan program kesehatan dan lingkungan sebagai konsep utama dalam pelayanannya kepada masyarakat dalam upaya perlindungan Taman Nasional Gunung Palung. ASRI berlokasi di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Yayasan ASRI akan mendirikan Pusat Kesehatan dan Pelatihan Masyarakat sebagai perluasan klinik dan bangunan yang telah ada sebelumnya. Bangunan ini memiliki konsep yang ramah lingkungan, kuat, dan sesuai dengan kultur masyarakat setempat.

Yayasan ASRI mencari orang yang memilki komitmen terhadap misi organisasi, mampu beradaptasi dengan kultur staf dan masyarakat, mampu bekerja dalam tim, serta tertarik untuk mengambil bagian dalam membuat perbedaan di dunia.

Kami mencari orang dengan semua atau sebagian besar dari kualifikasi di bawah ini :
KUALIFIKASI:
1. Usia maksimal 40 tahun
2. WNI
3. Pendidikan Minimal S1 Teknik Sipil (diutamakan) atau S1 Arsitektur
4. Fasih berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan
5. Memiliki pengalaman di bidang konstruksi bangunan selama minimal 3 (tiga) tahun
6. Menguasai manajemen proyek, analisa biaya, pembuatan rencana, anggaran, jadwal dan administrasi teknis
7. Berpengalaman dalam konstruksi beton, kayu, pasca konstruksi, sistem listrik dan pipanisasi.
8. Menguasai software Auto Cad
9. Mampu bernegosiasi dengan tenang dan sewajarnya
10. Memiliki pengetahuan akan bangunan yang aman dan ramah lingkungan
11. Mempunyai kemampuan kepemimpinan
12. Terorganisir dan memiliki kemampuan pencatatan yang baik
13. Mampu bekerja di bawah tekanan
14. Berinisiatif tinggi, jujur, dan pekerja keras
15. Siap bekerja di daerah terpencil

RINCIAN TUGAS:
1. Bersama dengan tim konstruksi merencanakan, melaksanakan, dan mengontrol operasional proyek konstruksi sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.
2. Melakukan koordinasi internal (tim konstruksi, jajaran manajemen, yayasan, dan staf ASRI) dan eksternal (kontraktor, pemerintah daerah, aparat terkait, masyarakat setempat, donatur, dll).
3. Meninjau pengajuan biaya oleh kontraktor setiap periode pembayaran dan membandingkannya dengan hasil kerja di lapangan.
4. Menerjemahkan gambar teknis bangunan dan membandingkannya dengan proses konstruksi di lapangan, serta mampu membuat penyesuaian yang dibutuhkan berdasarkan kondisi yang ada.
5. Mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi masalah yang akan timbul agar dapat diantisipasi secara dini.
FASILITAS :
1. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan
2. Tempat tinggal
3. Fasilitas wi-fi
4. Alat transportasi penunjang pekerjaan
5. Diskon berobat di Klinik ASRI bagi staf dan keluarga inti
Kirim CV, lamaran, transkrip nilai, dan foto terbaru ke drg.monica@gmail.com dan wilfirmus.binaul@gmail atau melalui pos ke alamat :
Manajer HR Yayasan ASRI
Jalan Sungai Mengkuang, Desa Pangkalan Buton, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, 78852. Lamaran diterima paling lambat tanggal 31 Desember 2014.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Yayasan ASRI:www.alamsehatlestari.org

Disney Worldwide Conservation Hero

ASRIkids49

Congratulations to our Community Outreach and Conservation Education Manager, Etty Rahmawati, who has been named one of the 2014 Disney Worldwide Conservation Heroes!! so proud of you. 🙂

Check the news here https://thewaltdisneycompany.com/blog/disney-worldwide-conservation-fund-names-2014-conservation-heroes

LOWONGAN RELAWAN: Penerjemah (Inggris – Indonesia)

Dimulai dengan hanya dua orang relawan di tahun 2007, saat ini sudah ada lebih dari 200 relawan asing yang datang ke ASRI. Keahlian relawan yang datang pun bermacam-macam, mulai dari dokter, perawat, mahasiswa kedokteran, arsitek, teknisi untuk pertanian organik, ahli biologi untuk reboisasi, ahli peternakan, dan lain-lain.

Dengan banyaknya relawan yang datang ke Alam Sehat Lestari (ASRI) saat ini, kami merekrut relawan Indonesia yang fasih berbahasa inggris sebagai penerjemah harian bagi para relawan asing tersebut. Ketentuan saat menjadi relawan di ASRI antara lain sebagai berikut:

  1. Relawan bersedia tinggal dan menyesuaikan diri di ASRI, yang berlokasi di Sukadana, Kalimantan Barat.
  2. Fasilitas yang disediakan saat menjadi relawan ASRI antara lain tempat tinggal, alat transportasi, Wifi, dan lain-lain.

Relawan penerjemah dapat mengajukan waktu kedatangannya ke ASRI yang selanjutnya akan disesuaikan dengan kebutuhan ASRI. Relawan penerjemah sangat dibutuhkan terutama pada bulan Februari, Mei dan Juni 2015.

Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi relawan penerjemah di ASRI bisa menghubungi rahmawati.etty@gmail.com atau marisa.thimang@gmail.com

Kegiatan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan ASRI di Hulu

ASRI membantu masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Palung agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian alam dengan memberikan solusi alternatif melalui kegiatan Pertanian Berkelanjutan. Salah satu rangkaian kegiatan pertanian berkelanjutan adalah dengan memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat tentang teknis pertanian yang tepat.

Pada tanggal 1 – 5 September 2014, team konservasi ASRI yang terdiri dari Pak Miftah dan Muhammad Yusuf melakukan kegiatan pelatihan kebun keluarga untuk para ibu rumah tangga, pemetaan partisipatif untuk konservasi alam, dan pendampingan kelompok tani masyarakat di desa Pangkalan Jihing dan Sampurna. Selain kegiatan tersebut, team konservasi ASRI juga melakukan musyawarah kesepakatan konservasi alam bersama penduduk desa Sampurna.

Kabar baik diperoleh dari salah satu kelompok tani binaan ASRI yaitu kelompok tani Sinar Harapan di desa Sampurna yang berhasil membudidayakan sayuran organik segar hingga menjadi salah satu pensuplai sayuran terbaik bagi masyarakat desa Sampurna. Kegiatan perkebunan organik pun sangat membantu perekonomian para petani hingga mampu mengumpulkan kas tetap sekitar satu juta rupiah setiap bulannya. Kualitas kacang panjang organik yang dihasilkan pun diyakini salah satu warga desa Sampurna dalam membantu peningkatan kesehatannya dari penyakit asam urat dibandingkan saat mengkonsumsi kacang panjang non-organik. Makanan sehat untuk hidup yang lebih sehat.

Kelompok tani Sinar Harapan saat ini ditetapkan ASRI sebagai salah satu pioneer pertanian berkelanjutan untuk pembentukan kelompok-kelompok tani lainnya di desa Sampurna. Pada tanggal 9 Oktober nanti akan dilakukan kegiatan presentasi oleh kelompok tani Sinar Harapan kepada kelompok-kelompok tani baru binaan ASRI. Dengan adanya peningkatan kualitas hidup petani melalui pertanian berkelanjutan diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif mata pencaharian terbaik untuk masyarakat sehingga mampu menurunkan tindakan penebangan hutan di Taman Nasional Gunung Palung. Semangat team konservasi ASRI dan kelompok tani binaan ASRI!!

P1050395 P1050356 P1050365 IMG_20140916_161847 IMG_20140916_161855