ASRI-
Planetary Health Camp pertama di Indonesia

Planetary Health Camp 2018 ASRI

Untuk pertama kalinya tim Pendidikan Kesehatan Planetari ASRI mengadakan kegiatan berkemah. Kegiatan yang dilaksanakan di ASRI dan di Pantai Pulau Datok ini dinamakan Planetary Health Camp (PH Camp). Tujuannya adalah mengenalkan kepada remaja-remaja di Sukadana tentang kesehatan lingkungan dan kesehatan manusia yang saling berkaitan (Planetary Health / Kesehatan Planetari). Melalui kegiatan berkemah ini para peserta juga diajarkan apa saja isu-isu lingkungan yang terjadi dan apa saja aksi yang bisa mereka lakukan.

Planetary Health Camp dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 10-11 November. Serta diikuti oleh 42 peserta dari enam sekolah SMA/SMK/MA dan kelompok ASRI Teens Bekantan.

Selama kegiatan para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasaan dari seluruh pemateri. Mereka pun berlomba-lomba melemparkan berbagai pertanyaan dan pendapat. Materi yang mereka dapatkan ialah berupa tentang ASRI dan Planetary Health. Lalu materi tentang Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan, Dampak Perubahan Iklim Terhadap Resiko Kepunahan dan Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Gunung Palung (TN Gunung Palung).

Peserta PH Camp mempersentasikan hasil gambar mereka tentang hubungan kesehatan dan lingkungan
Peserta PH Camp mempersentasikan hasil gambar mereka tentang hubungan kesehatan dan lingkungan
Penyampaian Materi oleh BTNGP
Penyampaian Materi oleh BTNGP

Rangkaian kegiatan seru lainnya adalah melakukan Eksperimen Pemansan Global dan Eksperimen Efek Rumah Kaca. Malam harinya seluruh peserta PH Camp menikmati suasanan pantai pulau datok di pinggir pantai sembari barbecue, bernyanyi, bermain dan lomba yel-yel.

Pada hari kedua sekitar pukul setengah enam pagi ketika langit masih biru pekat, para peserta berjalan menuju Bukit Peramas untuk melakukan Survey Satwa. Selama kurang lebih satu jam mereka mendaki, mendengar dan melihat satwa apa saja di sekitar, lalu mencatatnya di lembar kerja. Dari survey tersebut terdapat 20 jenis satwa yang berhasil mereka temukan. Satwa yang paling banyak mereka jumpai adalah tupai, kemudian burung cap madu, burung merebak, burung cicak ranting, burung terindak dan burung pelatuk. Bahkan mereka ada pula yang menjumpai burung enggang sebanyak tiga kali dan kelempiau tujuh kali.

Eksperimen Efek Rumah Kaca
Eksperimen Efek Rumah Kaca
Peserta PH Camp melakukan survey satwa di Bukit Perawas di TN Gunung Palung
Peserta PH Camp melakukan survey satwa di Bukit Perawas di TN Gunung Palung

Selanjutnya pada siang harinya peserta PH Camp Tour ke Hutan Mangrove di sekitar pantai untuk melakukan survey satwa disana. Mereka terlihat sibuk berdiskusi dan mencatat apa saja yang mereka lihat. Tak bisa dielakkan pula mereka juga mengambil kesempatan untuk bermain dan berenang. Setelah satu jam pengamatan, mereka lalu mengumpulkan lembar kerjanya. Berdasarkan pengamatan itu, terdapat lima jenis satwa yang ditemukan, yaitu udang, ikan, siput, kepiting dan ale-ale.

“Saya sangat senang bisa mengikuti Planetary Health Camp karena dapat bertemu dengan teman-teman baru, menambah wawasan ilmu dan dapat menjalin silaturahim,” ucap Herwani dari SMAN 1 Sukadana yang terpilih sebagai peserta terbaik. Ririn dari SMAN 2 Sukadana yang juga terpilih sebagai peserta terbaik pun menambahkan bahwa melalui kegiatan ini dia menjadi mendapatkan banyak teman baru dan menambah wawasan. Serta menjadi tau bagaimana cara menjaga hutan lebih baik, tau bagaimana cara mengurangi agar tidak terjadi dampak perubahan iklim dan tau cara bagaimana melestarikan alam.

Kegiatan Planetary Health Camp 2018 ini berjalan sukses berkat dukungan dari seluruh pihak termasuk dari pemerintah daerah Kabupaten Kayong Utara seperti, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan BTNGP. Serta berkat bantuan tenaga juga waktu dari alumni ASRI Teens kelompok Enggang, siswa-siswa magang dari SMK Kehutanan Kadipaten, relawan dan staff ASRI lainnya. Kegiatan perdana ini juga berjalan lancar atas bantuan dari para donatur yang telah berkontribusi menyumbangkan dana maupun barang untuk program Pendidikan Kesehatan Planetari ASRI.

Harapannya melalui kegiatan Planetary Health Camp ini, seluruh peserta terbangun rasa kepedulian dan kecintaan mereka terhadap alam sehingga mereka senantiasa menjaganya dan menyebarkan energi juga ilmu yang diperoleh ke orang-orang lainnya.

“Kami berencana agar Planetary Health Camp ini merupakan kegiatan yang tetap berkelanjutan dengan peserta yang berbeda dan dari sekolah yang berbeda. Sehingga semakin banyak lagi yang tau dan peduli menjaga kesehatan alam kita semua,” ucap Etty Rahmawati – Manajer Pendidikan Kesehatan Planetari Yayasan Alam Sehat Lestari – ASRI

Admin ASRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *