ASRI-
Dokter Penjaga Hutan di daerah Kalimantan Barat di kawasan Taman Nasional Gunung Palung

QnA Bersama Dokter Penjaga Hutan, dr. Mike Lauda

Pernah nonton tayangan Lentera Indonesia di Net Tv ? Kalau iya, tentu tidak asing lagi dengan dr. Mike ya?! Mari berkenalan dengan dr. Mike Lauda, salah satu Dokter Penjaga Hutan yang pernah mendedikasikan dirinya selama satu setengah tahun di Klinik ASRI. Di hari terakhir (Mei 2018) saat morning meeting, dr. Mike mengungkapkan bahwa pertama kali ia melamar pekerjaan adalah di ASRI. Tak ada rasa penyesalan, melainkan bahagia, bersyukur dan bangga pernah berkerja disini. Tak dipungkiri dia mengakui di awal keberangkatan, ada rasa khawatir dan was-was karena budaya juga lingkungan baru yang akan ia temui.

Tonton: Lentera Indoenesia – Dokter Penjaga Hutan di Klinik ASRI

Berikut QnA seru bersama dr. Mike:

Q: Kapan mulai kerja di ASRI?

A: Awal datang ke Sukadana itu 13 Januari 2017. Lalu mulai masa percobaan pada 16 Januari 2017. Sedangkan pada 1 Maret 2017 resmi jadi karyawan kontrak di ASRI.

Q: Kenapa mau berkerja sebagai dokter di ASRI?

A: Karena berkerja di ASRI bisa menjadi wadah untuk belajar hal baru yaitu kolaborasi antara konservasi dengan kesehatan manusia. Itu hal terunik yang membuatku melamar pekerjaan di ASRI.

Q: Kenapa mau berkerja di daerah terpencil di Sukadana?

A: Awalnya dulu karena memang mau dapat rekomendasi PTT daerah tapi sebenarnya juga karena mau keluar dari zona nyamanku di Jawa. Masa’ dua puluh tahun di Jawa aja, kan bosan. Haha. Ternyata setelah lama di Sukadana, jadi cinta sama suasana alam di Sukadana. Dimana lagi sih tempat kerja dekat sama pantai, gunung, hutan?!

Q: Apa alasan dr. Mike ingin atau bercita-cita menjadi dokter?

A: Menjadi dokter itu sebuah panggilan hidup untuk menolong orang lain. Hampir sebagian besar aspek hidup manusia itu ujung-ujungnya adalah kesehatan. Coba kalau sakit, pasti harta dan tahta juga nggak ada gunanya. Nah makanya saya menjadi dokter supaya bisa berperan dalam hidup orang lain. Selain itu menjadi dokter argumennya didengarkan! Sehingga jika ingin mengedukasi, berpendapat, dan bertindak, pasti kebanyakan orang akan mempertimbangkan dan menghargainya.

Q: Apa dan siapa yang menginspirasi dr. Mike untuk menjadi dokter?

A: Siapa ya? Jadi ceritanya dulu saya waktu kecil suka sakit-sakitan. Ada satu dokter anak yang menjadi favoritku sampai dewasa ini, yaitu almarhum dr. Edy Sp.A dan almarhum dr. Marseno, Sp.A. Beliau adalah contoh dokter luar biasa yang mampu menenangkan keluarga dan banyak memberi penjelasan medis. Jadi dulu saya merasa GILA YAH DOKTER JAS PUTIH ITU KEREN BANGET. Jadilah sejak kecil itu cita-cita saya tidak pernah berubah sedikitpun kalau ditanya, jawabannya pasti tetap, DOKTER ANAK! Amin. Tinggal satu langkah lagi agar saya mencapai impian jadi dokter anak. Doakan ya.

Q: Pengalaman apa saja yang paling berkesan dan tak terlupakan saat berkerja sebagai dokter di Klinik ASRI?

A: Pertama kalinya klinik keliling ke Matan dan Jihing bersama Aulia, Arie, Faisal! Itu pengalaman tidak akan terlupakan sama sekali. Tapi nagih sih. Looking forward joining BBBR nih hehe. Satu lagi pas merujuk peserta field course menggunakan ambulans udara ke airport. Itu luar biasa.

Q: Pengalaman konservasi apa saja yang paling berkesan dan tak terlupakan saat berkerja sebagai dokter ASRI?

A: Jelas yang tidak terlupakan adalah Filed trip ASRI Teens ke Pematang Gadung. WAGELASEEHHH itu ga bisa dilupakan banget.

dokter belajar konservasi
dr. Mike Lauda ikut field trip ke Pematang Gadung

Q: Sulitkah beradaptasi di Sukadana? Jika iya, apa saja kesulitan tersebut?

A: Siapa sih yang nggak susah beradaptasi, awalnya itu saya mikir Sukadana tempat kecil dan terpelosok loh. Jadi saya datang pertama kali udah bawa koper gede banget isi makanan dan peralatan sembako. Dipikir nggak ada tempat jualan sembako seperti Laris Manis (salah satu toko/mini market di Sukadana) gitu, haha. Yah nggak bisa dipungkiri bawa adaptasi yang susah adalah adaptasi gaya hidupnya, bukan adaptasi ke orangnya. Bayangkan saja yang awalnya dulu biasa naik mobil, hidup pakai ac, makan ini itu ada, tiba-tiba di Sukadana harus sepedaan, panas-panasan pakai kipas angin, banyak nyamuk, makan itu-itu melulu. Hahaha. But I didn’t regret at all! It was fun and memorable.

Q: Apa saja tantangan yang ditemukan saat berkerja di ASRI dibandingkan berkerja di tempat sebelumnya?

A: Tantangan kerja buat saya di ASRI lebih banyak harus dengar-dengaran, diskusi, dan mempelajari budaya kerja yang multitasking. Uniknya di ASRI satu orang terkadang bisa membayang jadi beberapa penanggungjawab kerjaan lainnya. Berasa harus jadi ‘ninja’ haha. Tantangan sebagai dokternya lebih ke jaga on call 24 jam. Itu bikin was was kalau dengar bunyi HP on call loh.

Q: Apa yang akan paling dr. Mike rindukan dari Sukadana dan ASRI?

A: Dari Sukadana, LANGITNYA! Asal saya nggak jadi anak langit ala ala sinetron yah haha. Dari ASRI, semua tim kerjanya! Punya keunikan masing-masing.

Q: Rencana kuliah S2 ambil spesialis apa? Kenapa?

A: Spesialis anak! Doakan ujian saya di UGM September-Oktober 2018 ini. Kalau berhasil masuk, Januari 2019 sudah sekolah. Menurut saya menjadi dokter anak itu nggak cuma menangani anaknya tapi juga seluruh keluarganya yang khawatir. Ibaratnya kesehatan satu anak itu dampaknya ke kesehatan dua, tiga, empat orang lainnya. Kan seneng tuh kalau bisa “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.”

dr. Mike Lauda periksa pasien di klinik ASRI
dr. Mike Lauda sedang memeriksa pasien di Klinik ASRI

Q: Satu kata yang menurut dr. Mike menggambarkan ASRI?

A: HARMONISASI

Q: Harapan untuk ASRI dan staff ASRI?

A: Harapan saya untuk ASRI adalah jangan pantang menyerah mencapai visi, tetap jadi yang terdepan dalam planetary health (kesehatan planetari), walau perlahan tetapi dampaknya besar! Keep inspiring!

Sedangkan untuk staf ASRI: bekerjalah dengan hati, karena tanpa disadari apa yang kalian lakukan disana sangat luar biasa menjadi berkat untuk sekeliling. Jangan lupa tetap bersyukur ya.

Q: Apa arti ASRI untuk dr. Mike?

A: Asri akan selalu ada tempat di hatiku sebagai rumah dan keluarga perantauanku

Terima kasih dr. Mike Lauda telah bersedia melayani masyarakat di Klinik ASRI dan ikut berkontribusi mewujudkan masyarakat dan bumi yang sehat selama 1,5 tahun lamanya. Sukses dan sehat selalu!

Apakah anda Dokter Penjaga Hutan selanjutnya? Saat ini Yayasan Alam Sehat Lestari sedang membuka lowongan kerja BUKAN DOKTER BIASA untuk penempatan di Klinik ASRI, Sukadana, Kalimantan Barat.

Informasi selengkapnya: DICARI BUKAN DOKTER BIASA

Loker dokter umum di Klinik ASRI, 2018

Admin ASRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *