ASRI-
Lokasi pesemaian di Laman Satong dapat menampung 70.000 bibit

Rencana Proyek Reboisasi Tahun 2018

Penanaman 18.899 bibit di Laman Satong

Setiap setahun sekali penanaman dilakukan di lokasi reboisasi ASRI. Tahun 2017 lokasi penanaman berada di Laman Satong. Dipilihnya Laman Satong sebagai tempat reboisasi karena berada di Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), dekat dengan pemukiman masyarakat dan ingin menjadikan Laman Satong sebagai lokasi percontohan reboisasi.

Adapun persiapan yang dilakukan sebelum penanaman, yaitu pengukuran lahan yang direboisasi pada tanggal 11 November sampai 1 Desember. Setelah itu dilanjutkan dengan pembersihan lahan pada tanggal 27 November sampai 8 Desember. Sedangkan penanaman dimulai dari tanggal 11 Desember sampai 22 Desember.

Bibit yang ditanam di akhir tahun 2017 berjumlah 18.899 bibit yang terdiri dari bibit meranti, kayu belian, durian hutan, petai hutan, mangga, jengkol dan masih banyak lagi. Bibit-bibit ini diperoleh dari cabutan alam dan pasien yang membayar pengobatan secara non-tunai.

Reboisasi 18.899 bibit di Laman Satong oleh Tim Konservasi ASRI
Penanaman di Laman Satong tahun 2017

Sedangkan luas lahan yang direboisasi ialah 8 hektar. Proyek ini juga melibatkan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerja reboisasi yang berjumlah kurang lebih 40 orang. Dalam sehari mereka dapat menanam 500 bibit dengan jam kerja mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Sehingga total lahan yang telah direboisasi di tahun 2017 adalah seluas 9 Ha. Sedangkan jenis bibit yang ditanam kurang lebih 30 jenis. Lalu transportasi yang digunakan untuk membawa bibit dari lokasi pesemaian ke lokasi reboisasi adalah gerobak dorong dan motor.

Dalam rangka ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu proyek reboisasi di tahun 2017, maka Tim Konservasi ASRI mengadakan syukuran pada tanggal 25 Januari lalu. Rangkaian acara dimulai dari penyampaian kesan dan pesan dari Koordianator Reboisasi, Nurul Ihsan Fawzi dan dilanjutkan dengan perkenalan staf ASRI dan pekerja reboisasi. Setelah itu acara pembagian hadiah untuk pekerja reboisasi dan ditutup dengan makan siang bersama.

Reboisasi 8 hektar di Laman Satong, Kalimantan Barat oleh tim konservasi ASRI
Staf ASRI dan pekerja reboisasi berfoto bersama.
Mantan Logger Menginginkan Proyek Reboisasi Lagi

Berangkat dari sukses dan tercapainya target penanaman di tahun 2017, maka ASRI berencana meningkatkan target penanaman menjadi 70.000 bibit di tahun 2018. Rencana penanaman akan berlokasi di Rantau Panjang dan Laman Satong.

Langkah awal yang dilakukan Tim Konservasi adalah memperluas lokasi pesemaian yang berada di Laman Satong sejak awal bulan Februari ini. Lokasi pesemaian ini awalnya hanya menampung 70.000 bibit, tapi sekarang sudah dapat menampung 110.000 bibit. Bibit-bibit ini diperoleh dari cabutan alam dan pasien yang membayar biaya pengobatan non-tunai.

Bagaikan gayung bersambut, ternyata banyak masyarakat yang juga menginginkan adanya lagi proyek reboisasi. Permintaan ini mereka sampaikan saat ASRI mengadakan pertemuan “mendengarkan secara radikal” (radical listening) di beberapa desa yaitu, Sejahtera, Sedahan Jaya, Harapan Mulia dan Riamberasap Jaya. Ide ini semakin menarik karena masyarakat yang meminta proyek tersebut ialah para mantan logger. Mereka berpikir solusi agar tercapainya masyarakat sejahtera dan alam lestari 10 tahun akan datang adalah diadakan kembali penanaman.

Pertemuan Radical Listening di Desa Sedahan Jaya
Pertemuan Radical Listening di Desa Sedahan Jaya

Jika masyarakat di Kabupaten Kayong Utara saja sudah sadar akan betapa pentingnya fungsi juga manfaat hutan. Maka kita sendiri juga harusnya bergerak menunjukkan kepedulian dan aksi nyata melindungi hutan. Mari kita bersama merealisasikan ide masyarakat Kabupaten Kayong Utara dan menyukseskan proyek reboisasi tahun 2018. Sahabat ASRI dapat membantu berupa donasi tunai, barang maupun keahlian di ASRI. Kontribusi sekarang!

Admin ASRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *