Donation
List Blog

Harapan Akan Terwujudnya Era Baru Kesehatan Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat

Usai setahun berkegiatan, mulai dari memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau, hingga mengembalikan hutan yang terdegradasi dan menjaganya, semua orang di Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) yang terlibat dalam aksi kesehatan planetari duduk bersama melihat semua capaian program. Lalu melakukan evaluasi untuk efektivitas program ke depan. Serta merencanakan apa yang akan dilakukan di tahun selanjutnya.

 

Agenda ini bernama Annual Meeting 2023. Tema yang diambil adalah “New Era Towards Human Prosperity and Environmental Health with ASRI”. Tentu ini bukan sekedar kalimat, tapi juga harapan, terjemahan dari visi ASRI yaitu mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera, dan alam yang lestari.

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 11 dan 12 Januari 2024. Sebanyak lebih dari 80 orang hadir dalam satu ruangan. Di hari pertama adalah agenda mendengarkan presentasi capaian setiap program dan bersama mengevaluasinya. Mulai dari program kesehatan, konservasi, dan program lainnya di ASRI. Di hari yang sama ASRI juga kedatangan Ketua Yayasan dan Direktur Eksekutif yang baru.

Hari kedua dilakukan juga sesi panel untuk dengar pendapat terkait dengan masa depan ASRI dan keresahan dari setiap anggota keluarga ASRI. Diselingi juga dengan sosialisasi terkait Corporate Identity terbaru dari ASRI. 

 

Dikatakan Darmawi selaku Ketua Panitia Annual Meeting dan Gathering ASRI 2023, hal menarik dan berbeda dari agenda tahunan ASRI sebelumnya adalah adanya diskusi panel. Topik utama yang diangkat berkaitan dengan kesejahteraan karyawan. “Ini adalah momen yang tepat untuk karyawan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraannya,” ujarnya. 

 

Sementara itu, Direktur Mobilisasi Sumber Daya, Nur Febriani mengatakan bahwa semangat yang sama selalu hadir di dalam agenda tahunan ASRI. “Seperti biasanya, agenda ini selalu semarak dengan suasana kebersamaan dan kekeluargaan. Semoga terus selalu kompak seperti ini dan kita bisa bertemu di Annual Meeting dan Gathering di tahun-tahun selanjutnya,” ucapnya. 

Selain Annual Meeting, juga dilaksanakan Staff Gathering pada 13 Januari 2024 yang diisi oleh berbagai permainan kekompakkan diikuti oleh seluruh staf ASRI. Indra selaku Direktur ASRI Kalimantan berharap hal ini menjadi bahan bakar semangat untuk memulai rencana ASRI di 2024. “Sehingga kita semakin semangat untuk menjalankan apa yang ingin kita capai di 2024 ini. Saya harap kedepannya staf ASRI bisa semakin kompak bersama-sama mewujudkan visi ASRI yang mulia ini,” ujarnya. 

 

Bertepatan dengan Annual Meeting & Gathering ini, ASRI juga melakukan kampanye terkait dengan pengelolaan sampah yang baik di lingkungan karyawan ASRI yang bertajuk Cegah, Pilah, Olah dengan tagline “Jangan Pasrah Sama Sampah”. Tentu ASRI berharap kampanye ini tidak hanya menyadarkan orang-orang di sekitar ASRI, tetapi juga masyarakat luas terkait dengan pentingnya pengelolaan sampah secara mandiri. 

 

Cegah dimaksudkan sebagai upaya menguragi tumpukan sampah dengan bijak membeli barang dan makanan, terutama yang menggunakan bahan atau pembungkus sekali pakai. Juga pilah yang dimaksudkan agar rumah tangga bisa memilah sampahnya sendiri agar mengetahui barang yang masih bisa diolah atau digunakan kembali. Serta olah sampah yang masih layak menjadi barang baru agar tidak langsung menumpuk, atau istilahnya recycle atau upcycle.