ASRI-

Yayasan ASRI Membantu Perekonomian Janda Melalui Program Kambing Untuk Janda

Kamis 26 Juli 2018, ASRI melakukan kunjungan kebeberapa tempat yang ada di desa Laman Satong dan Riam Berasap. Desa ini merupakan salah satu desa yang mendapatkan bantuan dari program ASRI, yaitu Kambing untuk Janda. Tujuan dari kunjungan ini adalah memeriksa kondisi kambing, mendata kambing yang dijual/melahirkan/mati, mendata siapa saja yang masih aktif atau tidak dalam program Kambing untuk Janda, memberikan suntikan jika terindikasi penyakit seperti Scabies dan memotong kuku kambing.

Baca Selengkapanya Tentang: Progam Kambing untuk Janda

Hasil dari kunjungan di desa Laman Satong ialah 3 dari 5 orang janda sudah tidak lagi melanjutkan program Kambing untuk Janda dikarnakan mereka sudah ada yang sudah meninggal, ada yang pindah rumah dan ada yang kambingnya di jual semua (dalam artian mereka tidak pelihara lagi).

Sedangkan di desa Riam Berasap terdapat 30 orang janda yang bergabung di program Kambing untuk Janda. Dari 30 orang ini hanya ada 23 orang yang masih aktif dan 7 orang yang tidak aktif. Alasan yang tidak aktif ini hampir sama dengan yang di desa Laman Satong, mereka ada yang meninggal, ada yang kerja di sawit (yang mengakibatkan mereka tidak bisa memelihara kambing lagi) dan ada yang juga pindah rumah.

Ibu Selonika bertempat tinggal di Laman Satong, merupakan salah satu yang masih aktif dalam program kambing untuk janda, beliau sudah menerima bantuan ini sejak 2016 lalu. “Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program ini, saya bisa mendapat penghasilan lebih diluar kerja saya yang sekarang ini,” ujar bu Selonika. Sehari-hari beliau berkerja sebagai penoreh getah dan selama 3 tahun ini beliau sudah berhasil ternak kambing sebanyak 4 ekor, 1 ekornya di jual untuk keperluan memperbaiki motor anak, 3 ekornya masih dipelihara. “Terima kasih kepada ASRI yang telah memberikan bantuan kepada saya,” tambahnya.

Staf ASRI dan Mahasiswa Magang berfoto bersama Ibu Selonika - Janda yang menerima bantuan melalui program Kambing untuk Janda
Staf ASRI dan Mahasiswa Magang berfoto bersama Ibu Selonika – Janda yang menerima bantuan melalui program Kambing untuk Janda
Ibu Setiawati tengah memotong Kuku Kambing
Ibu Setiawati tengah memotong Kuku Kambing

Penulis: Nabila (Mahasiswa Magang dari Universitas Tanjungpura Pontianak)

Editor: Oka Nurlaila (Staf Marketing dan Komunikasi Yayasan ASRI)

Admin ASRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *