Oleh Oka Nurlaila
01 October 2022
Perdana Penanman Pohon di Hutan Rawa Gambut Kalimantan

Sejak tahun 2009 hingga September 2022 ASRI bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Palung telah mereboisasi 312,38 Ha lahan. Pada tahun 2022, ASRI memiliki target penanaman seluas 67 Ha yang terdiri dari 17,5 Ha di Desa Laman Satong, 7,5 Ha di Desa Harapan Mulia, 16 Ha di Desa Sedahan Jaya, dan 26 Ha di Desa Gunung Sembilan. Semua lahan yang menjadi target reboisasi merupakan lahan bekas konsesi, kebun dalam hutan, dan terdampak kebakaran hutan dan lahan.

 

Tahun ini setiap lokasi menghadapi tantangan penanaman berbeda-beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di Laman Satong, jarak antara lokasi penanaman dan pembibitan utama sekitar 3 km, ditambah akses jalan yang berlumpur saat hujan, sehingga membuat pengangkutan benih menjadi lebih lama dari biasanya. 

 

Angkut bibit pohon reboisasi rawa gambut dengan perahu

 

Lalu kegiatan reboisasi di Sedahan Jaya di tahun ini menjadi pengalaman baru bagi tim reboisasi ASRI karena lahan yang direboisasi merupakan jenis hutan rawa gambut. Sehingga jenis bibit yang ditanam pun memiliki kriteria khusus seperti memiliki ketinggian bibit pohon 50 cm. Jenis bibit yang ditanam seperti, Ubah, medang, bintangor, pulai, laban, rambai, dll. 

 

Tantangan yang dihadapi di Sedahan Jaya ialah akses menuju lokasi penanamannya yang hanya bisa dilalui menggunakan perahu selama kurang lebih 45 menit. Selain itu jika hujan area penanaman menjadi tergenang dan penanaman harus tertunda hingga surut. Dikarenakan jarak yang jauh maka tim reboisasi di Sedahan Jaya yang terlibat harus menginap beberapa hari di camp dekat area penanaman. Kondisi camp yang tidak ada listrik, sulit sinyal, terbatasnya air bersih dan logistik tidak menyurutkan semangat mereka untuk melakukan kegiatan penanaman hingga selesai. Tarjudin selaku tim reboisasi bercerita mengenai pengalamannya selama menginap di camp Sedahan Jaya, seperti bertemu orangutan hingga buaya. Selain itu, ia juga bercerita bagaimana ia harus mengarungi sungai saat tengah malam dikarenakan salah satu anggota keluarganya yang meninggal.

 

Tim reboisasi Alam Sehat Lestari ASRI di Desa Sedahan Jaya Kalimantan Barat

 

Program reforestasi hutan ini merupakan solusi dari konservasi hutan dan yang apa yang diminta oleh masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) untuk dapat berpartisipasi dalam memperbaiki kawasan hutan di sekitar desanya. Sehingga pada tahun ini total masyarakat yang terlibat di kegiatan penanaman adalah kurang lebih 100 orang yang berasal dari desa di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Palung.