Oleh Oka Nurlaila
30 November 2022
Komunitas Pencinta Lingkungan di Kayong Utara Menanam Pohon Bersama Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia 2022

Mau akhir tahun 2022, sudah berapa banyak pohon yang sudah Sahabat ASRI tanam? Lebih dari 10 atau tidak ada sama sekali?

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pohon tak hanya sebagai penghasil oksigen, tapi juga mencegah perubahan iklim. Jika ditanya kapan waktunya untuk menanam pohon, jawabannya adalah sekarang, seperti pepatah cina.

 

The best time to plant a tree was twenty years ago. The second best time is now. Waktu yang tepat untuk menanam pohon adalah dua puluh tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua adalah sekarang." Pepatah Cina

 

Kegiatan Penanaman Pohon Oleh Anak-Anak Muda Kayong Utara, Kalimantan Barat

Berangkat dari pentingnya peran pohon untuk kehiduapn, 30 anak muda Kayong Utara dari berbagai komunitas berkumpul di ASRI untuk melakukan penanaman di Desa Sedahan Jaya. Kegiatan penanaman ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November lalu. 

 

Kegiatan Penanaman Pohon Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia oleh Anak Muda Kayong Utara

 

30 Anak Muda Kayong Utara Menanam 40 Pohon

 

Peserta yang terdiri dari ASRI Teens dan 5 komunitas pencinta lingkungan di Kayong Utara yaitu, Komunitas Langit Senja, Komunitas Pendaki Kalimantan (KPK), Komunitas KOMUSA, Komunitas Anak Kampung Pendaki Semberuang, dan Sispada Grepala SMAN 3 Simpang hilir berkumpul di ASRI sekitar pukul 8 pagi, kemudian berangkat bersama munuju lokasi penanaman.

 

Sesampai di sana, Hendriadi atau akrab disapa Bang Hen selaku koordinator reboisasi ASRI menyambut kedatangan para peserta dan memberikan sedikit penjelasan singkat mengenai sejarah reboisasi ASRI, jenis-jenis reboisasi yang ASRI lakukan, kriteria bibit yang bisa ditanam, cara penanaman bibit pohon yang benar, dan lain-lain.

 

Total pohon yang ditanam adalah 40 bibit pohon dari berbagai jenis seperti Ubah, Cempedak, Rambai, Lengkeng, dan Kasai yang telah ditanam. Tentu saja setiap pohon yang ditanam terdapat harapan yang setiap peserta doakan dan harapkan untuk masa depan Bumi yang lebih hijau.

 

Setelah penanaman pohon, peserta diajak berkunjung ke persemaian ASRI di Desa Sedahan Jaya yang mana persemaian ini dapat menampung kurang lebih 50,000 bibit pohon. Di sana semua peserta terlihat aktif bertanya mengenai jenis-jenis bibit pohon yang dirawat.

 

Kamu yang tinggal jauh dari hutan juga dapat ikut menanam pohon seperti mereka loh!

 

Adopsi Bibit Pohon Untuk Melestarikan Hutan Kalimantan Bareng ASRI

Adopsi Bibit

Sebuah cara dimana kamu dapat berpartisipasi dalam pelestarian hutan dari jauh melalui layar handphonemu. Satu bibit pohon yang diadopsi tidak hanya membantu menghijaukan kawasan hutan, tapi juga membantu masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Palung untuk mendapatakan layanan kesehatan berkualitas. 

Untuk informasi Adopsi Bibit selengkapnya DISINI 

Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia. Yuk kita saling bergandengan tangan menjaga dan melestarikan hutan Indonesia.